Salam Buat Pembaca yang budiman

Kepada pembaca yang budiman,
Blog yang saya kelola ini masih dalam tahap pengembangan, oleh sebab itu segala kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini silahkan kirimkan komentarnya...,
Adapun tujuan blog ini adalah untuk berbagi berbagai informasi seperti teknology, berita,kesehatan, promosi suatu produk, hiburan, Ilmu pengetahuan, Info Pariwisata dll...., semoga Blog yang saya buat bisa bermanfaat bagi pembaca yang budiman.
Selamat Membaca
( Salam Sejahtera)

JEFSTARCOM

My photo
bandung barat, jawa-barat, Indonesia
Jefstarcom adalah usaha di bidang Sales & service Komputer, melayani service Call. Kami menjual komputer dengan biaya murah dan mutu terjamin sesuai dengan logo perusahaan kami, Komputer menghibur dan mencerdaskan... JEFFRIE GERRY, Seorang pengusaha yang sukses bercita-cita Membangun dunia menjadi lebih baik, peduli pada sesama, Menjaga kelestarian Lingkungan Hidup. Baru-baru ini telah mengembangkan Usahanya sampai pada tingkat International.. dengan falsafah... "Saya membangun suatu unit usaha adalah untuk menciptakan lapangan kerja"..dan berbagi untuk kesejahteraan bersama, dengan sistem kemitraan Usaha,,

Monday, March 12, 2012

Memahami dan Mengerti Arti dan Lambang Pemujaan Hindu

Memahami dan Mengerti Arti dan Lambang Pemujaan Hindu

Dalam setiap agama di dunia, selalu memiliki lambang-lambang atau simbol-simbol peribadatan. Demikian halnya yang ada dalam agama Hindu. Perlambangan dalam ajaran Hindu disinyalir sangat mendalam dan mulia sehingga setiap tindakan dalam upacara keagamaan Hindu senantiasa mencerminkan arti spiritual untuk memusatkan fikiran pada pemujaan dan meditasi kepada Tuhan.
Kalau difahami secara baik dan seksama, maka perlambangan Hindu ialah instrumen bagi pemuja dalam menyadari tujuan spiritualnya. Keindahan dan kesucian ritual demikian tidak bisa dihayati dengan pengetahuan yang sesuai dari arti tindakan tersebut. Perlambangan itu bertujuan untuk mengilustrasikan arti dan menjelaskan beberapa simbol yang umum dari beberapa dewa-dewi Hindu, antara lain:
Anjali—yakni gerakan tubuh sebagai bentuk penghormatan dan salam, gerakannya ialah dengan menyatukan kedua telapak tangan dengan lembut dan dikuncupkan. Ketika tangan diletakkan didada, maka digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua. Sedangkan jika tangan diletakkan diatas kepala, maka ditujukan untuk memberikan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Bindi atau Bindu—kebiasannya orang Hindu memakai tilak yakni titik merah pada wanita dan titik memanjang pada pria yang berada di dahi mereka. Titik ini dikenal dengan beragam nama seperti ajna cakra, mata spiritual, dan mata ketiga.
Bilva (aple liar atau pohon bael)—daun Bilva ini begitu suci untuk melakukan pemujaan kepada Dewa Siwa.
Kamper (camphor)—hal ini memberikan perlambangan pengetahuan spiritual yang bisa memurnikan pikiran dari seorang pemuja sehingga meninggalkan ketidaksucian dalam pemikirannya.
Kelapa—pada bagian kulit terluar yang lembut dan halus melambangkan tubuh manusia. Dan bagian kulit kelapa yang keras melambangkan sikap egoisme yang harus dipecahkan. Sedangkan air kelapa tersebut melambangkan jiwa manusia yang bersatu dengan Tuhan.
Selamat Berkunjung Ke Bali!

( By jeffrie Gerry)
 Welcome to our country....









 

No comments: