Salam Buat Pembaca yang budiman

Kepada pembaca yang budiman,
Blog yang saya kelola ini masih dalam tahap pengembangan, oleh sebab itu segala kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini silahkan kirimkan komentarnya...,
Adapun tujuan blog ini adalah untuk berbagi berbagai informasi seperti teknology, berita,kesehatan, promosi suatu produk, hiburan, Ilmu pengetahuan, Info Pariwisata dll...., semoga Blog yang saya buat bisa bermanfaat bagi pembaca yang budiman.
Selamat Membaca
( Salam Sejahtera)

JEFSTARCOM

My photo
bandung barat, jawa-barat, Indonesia
Jefstarcom adalah usaha di bidang Sales & service Komputer, melayani service Call. Kami menjual komputer dengan biaya murah dan mutu terjamin sesuai dengan logo perusahaan kami, Komputer menghibur dan mencerdaskan... JEFFRIE GERRY, Seorang pengusaha yang sukses bercita-cita Membangun dunia menjadi lebih baik, peduli pada sesama, Menjaga kelestarian Lingkungan Hidup. Baru-baru ini telah mengembangkan Usahanya sampai pada tingkat International.. dengan falsafah... "Saya membangun suatu unit usaha adalah untuk menciptakan lapangan kerja"..dan berbagi untuk kesejahteraan bersama, dengan sistem kemitraan Usaha,,

Sunday, March 25, 2012

Cerdas Menggunakan Antibiotik dan Obat Tradisional

Ada sebuah kebiasaan dalam masyarakat Indonesia ketika mengobati penyakit, nyaris selalu diikuti dengan meminum obat antibiotik. Seringkali pemberian antibiotik ini terkesan dipaksakan oleh pasien pada dokter. Farmakolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Purwantiastuti mengatakan terkadang pasien merasa pengobatan yang diberikan seorang dokter belum lengkap jika tidak diberikan antibiotik. “Padahal tidak selalu harus diberi obat antibiotik kalau kita sakit,” kata Purwantiastuti.

Bijak Menggunakan Antibiotik
Antibiotik bertujuan melemahkan kuman yang tumbuh dan masuk dalam ubuh. “Antibiotik menyasar kuman dan bukan tubuh. Harus pas antara antibiotik dengan kuman. Tapi tidak semua penyakit itu disebabkan kuman, kadang virus,” jelas Purwantiastuti. Ia mengatakan inilah fungsinya berbincang lebih jauh dengan dokter Anda. Purwantiastuti mengatakan terkadang tubuh kita bisa menghasilkan kekebalannya sendiri untuk membuat penyakit hilang dan mati tanpa bantuan antibiotik.
Purwantiastuti mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan antibiotik. “Yang terpenting adalah selalu berkonsultasi dengan dokter dan apoteker,” tambah Purwantiastuti. Penggunaan antibiotik harus benar-benar sesuai dengan resep dokter. Ia mengibaratkan jika kita tidak mengikuti anjuran atau resep dokter dalam meminum antibiotik menjadi seperti kuman yang bertarung dengan antibiotik lalu pingsan dan kembali sehat serta kuat gara-gara pasien tidak menepati anjuran penggunaan obat antibiotik.
Senada dengan dokter Purwantiastuti, General Manajer PT Unimax Power Anton mengatakan masyarakat kita membutuhkan pendidikan terus menerus tentang penggunaan antibiotik. Menurut dia terkadang menjadi hal dilematis bagi dokter di saat tidak meresepkan antibiotik pada pasien. “Memang kadang dokternya sendiri yang sedikit-sedikit ngasih antibiotik. Ini juga gara-gara masyarakatnya sendiri,” kata Anton.
Resistensi terhadap Antibiotik
Purwantiastuti mengingatkan  pentingnya masyarakat untuk bijak dalam menggunakan antibiotik. Terkadang kuman belajar untuk menghadapi antibiotik yang dikonsumsi manusia. “Kalau penggunaannya tidak tepat misalnya kita mau bunuh kuman A tapi yang diminum pembunuh kuman B maka kuman A ini bakal semakin kuat dan kita tidak bisa lagi menghadapinya,” ujar Purwantiastuti. Akibatnya kuman dalam tubuh menjadi resisten terhadap antibiotik yang kita minum. Menurut Purwantiastuti kuman itu sangat pintar. Dengan sangat mudah kuman mereka belajar dari obat-obatan yang  kita konsumsi.
Purwantiastuti mengatakan butuh waktu 15-20 tahun untuk bisa menemukan obat-obatan yang mampu melawan penyakit-penyakit yang ada. “Kalau tubuh sudah resisten yang bisa kita lakukan ya sudah diam dan menunggu paling berdoa aja biar tubuhnya kuat sendiri.” Purwantiatuti mengingatkan pentingnya penggunaan antibiotik tepat sasaran.
Obat Tradisional vs Obat Medis
Kekhawatiran akan antibiotik juga punya sisi lain. Alih-alih menggunakan pengobatan medis, banyak dari pasien yang kemudian beralih menggunakan pengobatan alternatif. Jamu sebagai bentuk pengobatan tradisionalpun menjadi pilihan.
Purwantiastuti mengatakan tak salah memang jika kita kemudian lebih memilih menggunakan jamu sebagai langkah pengobatan. Namun ia mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan cara pengobatan. “Obat tradisional itu aman dikonsumsi hanya saja masih belum terbukti untuk mengobati beberapa penyakit. Kalau untuk mengobati penyakit tradisonal seperti masuk angin atau pegel linu ya gak apa-apa,” kata Purwantiastuti menjawab pertanyaan tentang keamanan jamu sebagai pengobatan alternatif.
Menurut dia yang terpenting adalah selalu melihat pada kemasan apakah sudah terdaftar di Balai POM atau tidak untuk mengetahui keamanannya. Hal ini dibenarkan oleh Anton. Menurut Anton pengobatan tradisional Indonesia tidak kalah dengan pengobatan modern. Jika masih ada yang meragukan keampuhan obat tradisional Indonesia hal itu lebih disebabkan karena belum adanya penelitian yang komprehensif mengenai obat tradisonal ini.
Kandungan Bioactiva
Anton menuturkan Bioactiva dapat diumpamakan sebagai posisi penyerang, bertahan maupun pengumpan dalam suatu permainan sepakbola dalam tubuh kita ketika menghadapi penyakit. Cara kerja Bioactiva adalah meningkatkan kekebalan dan fungsi organ-organ tubuh. Ketika organ tubuh sehat, maka ia mampu menghadapi penyakit yang masuk.
Anton meyakinkan kandungan yang ada dalam Bioactiva mampu mendukung penyembuhan secara medis yang dilakukan oleh dokter dan tidak saling bertentangan. Hal ini menurut Anton, karena Bioactiva terbuat dari rempah-rempah tradisional yang sudah sejak lama dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, Bioactiva juga telah melaui serangkain uji laboratorium untuk membuktikan keampuhannya. Hasil uji ini membuktikan keamanan penggunaan Bioactiva bagi alat bantu proses penyembuhan penyakit.
Perbincangan ini kerjasama KBR68H dengan PT Unimax Power, produsen Bioactiva. 
(By jeffrie Gerry)

No comments: